Friday, November 28, 2014

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi Makro
An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations:
“If a pin manufacturer tried to charge more than his competitor, they would take away his trade, if a workman asked for more than the going wage he would not be able to find work if a landlord sought to exact a rent steeper than another with land of the same quality he would get no tenant”
setiap pelaku kegiatan ekonomi harus tunduk pada pasar kalau tidak ia akan terlempar dari perekonomian ybs
Ilmu ekonomi (economics) adalah bagian ilmu sosial yang mempelajari bagaimana manusia menentukan pilihan dalam menggunakan sumberdaya (resources) untuk menghasilkan benda (commodity) yang mereka butuhkan dalam hidup mereka agar memperoleh guna/manfaat (utility) yang sebesar-besarnya.
Ilmu ini lahir pada tahun 1776 yaitu pada waktu ditulisnya buku “the Wealth of Nations” oleh Adam Smith seorang ilmuwan Skotlandia.
Ekonomika Makro (Macro Economics) atau Ekonomika Agregatif (Aggregative Economics) adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menaruh perhatian pada kinerja perekonomian secara keseluruhan (overall performance of the economy) dan segala  aspek yang berkaitan dengan itu baik yang menyangkut pertanyaan apa, kenapa dan bagaimana.
Ilmu ini berkembang pesat sejak tahun 1936 yaitu sejak ditulisnya buku “General theory of employment, interest and money” oleh ilmuwan Inggris J.M.Keynes.