Proses
Akuntansi adalah kegiatan memproses transaksi keuangan menjadi
informasi Laporan Keuangan Tahapan proses akuntansi meliputi :
- MENJURNAL atau membuat jurnal transaksi, yaitu mencatat setiap transaksi menurut aturan akuntansi
- POSTING, yaitu memindahkan jurnal transaksi kedalam format Rekening Buku Besar (Ledger)
- Membuat NERACA SALDO, yaitu membuat daftar saldo Rekening /Perkiraan /Akun Buku Besar
- Membuat NERACA LAJUR/WORKSHEET, yaitu membuat kertas kerja untuk penyusunan lapora keuangan.
- Format lembar kerja klik disini
- Proses membuat worksheet secara manual adalah sbb:
- Memindahkan saldo2 rekening dlm Buku Besar ke dalam format Neraca Saldo
- Memindahkan Neraca Saldo kedalam Neraca Lajur/Worksheet
Setelah neraca saldo dalam work sheet terisi, maka urut2an yang dilakukan dalam work sheet adalah sbb :
- Membuat JURNAL PENYESUAIAN atas Neraca Saldo
- Mencatat saldo-saldo setelah jurnal penyesuaian
- Mengelompokan saldo Neraca dan saldo Rugi Laba
- Membuat JURNAL PENUTUP
Setelah proses membuat work sheet/lembar kerja penyusunan laporan keuangan selesai, maka langkah berikutnya adalah:
Menyusun
LAPORAN KEUANGAN yg terdiri dari NERACA dan LAPORAN RUGI LABA yang
angkanya diambil dari saldo Neraca dan saldo Rugi Laba yang tlah
dikelompokan dalam Neraca Lajur/Worksheet
Catatan :
Saat
ini proses pembuatan Laporan keuangan sudah menggunakan aplikasi
komputer, namun dasar pemikirannya seperti yg diuraikan secara manual
diatas