Categories

Kumpulan Mata Pelajaran Sekolah.

Download Software

Download E-Book Dan Software Pelajaran Untuk Komputer dan Handphone.

Motivasi

Artikel motivasi untuk kita selalu semangat meraih cita-cita

Tentang Kami

Profile Kami, Visi Misi, Partner dan Kontak kami.

News

Berita Tentang pendidikan Terbaru dan lain-lain.

Monday, December 22, 2014

Awas Malware Facebook Berkedok Video

Pernahkah anda melihat sebuah video yang berjudul "Wanita Mabuk Setelah Pesta" atau "Santri Maabuk Setelah Pesta" berada di timeline atau beranda Facebook anda?  berhati-hatilah. karean itu adalah malware yang menyerang Facebook. jangan pernah mengklik tautan itu.

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat.

Sebenarnya tujuan dari malware ini untuk mencuri data dari pengguna. Jika anda mengunjungi tautan yang dibagikan itu maka akan diarahkan ke situs yang berbahaya. Bisa saja anda diminta memasukkan akun email atau Youtube. Padahal situs tersebut hanya jebakan yang menyerupai halaman Youtube.

 Saran dari saya. Coba anda buka Mozila FireFox anda. klik Tools -> Add-ons -> Ekstensi. tinjau daftar ekstensi anda. bila ada extensi yang mencurigakan hapus saja Terutama add-ons bernama Fullscreen 4.0.. Lalu Restart Mozila FireFox Anda.

Hati-hati dengan tautan atau link-link yang berjudul seperti di atas. mungkin masih banyak lagi malware-malware bertebaran di Facebook.

Sekian dulu dari saya. 

Materi Kuliah Farmasi

Farmakognosi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sumber bahan alami yang digunakan sebagai obat. Sumber bahan alami tersebut diperoleh dari berbagai macam bentuk mikroskopis dan makroskopis tumbuhan dan organisme lainnya. Sejarah mencatat bahwa tumbuhan atau bahan alam pernah digunakan sebagai khasiat obat pada masa silam oleh nenek moyang. Di Indonesia sendiri, bukti adanya penggunaan bahan alam sebagai obat pada masa lalu dapat ditemukan dalam naskah Husodo (Jawa), Usada (Bali), Lontarak pabbura (Sulawesi Selatan) dan dokumen lainnya.

Kesadaran masyarakat tentang khasiat penggunaan tanaman sebagai obat merupakan perwujudan sikap masyarakat terhadap farmakognosi. Keadaan ini didukung dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai efek samping dari pemakaian obat sintetis. Bahan alam yang sangat berpotensial akan menghasilkan bahan obat yang merupakan senyawa penting bagi perkembangan obat modern. Seperti perkembangan teknologi DNA rekombinan dan rekayasa genetika mempelopori lahirnya antibodi vaksin dan serum yang memiliki manfaat besar bagi daya imunitas tubuh manusia. Penemuan vaksin dan serum tersebut merupakan manifestasi dari farmakognosi. Dalam S.K Menkes No.125 /Kab/BVII/1971 tentang wajib daftar obat ada 5 kategori yaitu:
  1. Obat : merupakan paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk menetapkan diagnosa dan memberikan efektifitas seperti yang diharapkan
  2. Obat Jadi :  obat dalam keadaan murni atau campuran dalam bentuk serbuk, tablet, pil, cairan atau dengan nama teknis yang sesuai dengan Farmakope Indonesia
  3. Obat Paten : obat jadi dengan nama dagang terdaftar atas nama si penjual dan diproduksi dengan kemasan asli dari pabriknya
  4. Obat Baru : obat yang mengandung suatu zat dengan komponen lain yang belum diketahui khasiat dan kemurniannya
  5. Obat Tradisional : khasiat obat yang bersumber dari bahan alam yang kemudian diramu atau di olah hingga memiliki efek teraupetik pada konsumennya

Farmakognosi merupakan bagian dari biofarmasi, biokimia, kimia sintetis sehingga ruang lingkupnya menjadi luas seperti yang didefinisikan Fluckiger yakni penggunaan secara serempak berbagai cabang ilmu pengetahuan untuk memperoleh segala segi yang perlu diketahui tentang obat.

Hubungan Farmakognosi dengan Botani dan Zoologi
Mengingat pentingnya identitas botani-zoologi, simplisia harus memiliki identitas botani dan zoologi yang tepat, dimaksudkan untuk mengetahui dengan tepat nama latin tanaman atau hewan yang digunakan sebagai simplisia.  Penetapan identitas botani-zoologi secara tepat merupakan langkah pertama yang harus ditempuh sebelum melakukan kegiatan lainnya di bidang farmakognosi. Kondisi simplisia dapat rusak oleh faktor tertentu. Apabila hal tersebut terjadi, maka keadaannya tidak lagi memenuhi syarat dan dianggap berkualitas rendah. Misalnya saja simplisia yang akan digunakan bercampur dengan minyak pelumas, basah oleh air laut, rusak karena bakteri, dan tercampur dengan komposisi bahan lain yang tidak semestinya.

Hubungan Farmakognosi dengan Ilmu-ilmu lain
Simplisia merupakan bahan utama yang tersedia di tempat meramu obat dan umumnya diramu atau diracik sendiri oleh tabib.

5 macam cara pemeriksaan untuk menilai simplisia

1. Secara Organoleptik
Adalah cara pemeriksaan dengan panca indera dan meliputi pemeriksaan terhadap bentuk,bau,rasa pada lidah dan tangan, kadang-kadang pengamatan dengan pendengaran, dalam hal ini diperhatikan bentuk, ukuran, warna bagian luar dan bagian dalam, retakan-retakan atau gambaran-gambaran dan susunan bahannya.


2. Secara Mikroskopik
Umumnya meliputi pengamatan terhadap irisan melintang dan terhadap serbuk.


3. Secara Fisika
Meliputi penetapan daya larut, bobot jenis, rotasi optik, titik lebur, titik beku, kadar air, sifat-sifat simplisia dibawah sinar ultra violet, pengamatan mikroskopik dengan sinar polarisasi dan lain sebagainya.


4. Secara Kimia
Yang bersifat kualitatif disebut identifikasi dan pada umumnya berupa reaksi warna atau pengendapan. sebelum reaksi-reaksi tersebut dilakukan terlebih dahulu diadakan isolasi terhadap zat yang dikehendaki, misalnya isolasi dengan cara pelarutan, penyaringan dan mikrosublimasi. Pemeriksaan secara kimia yang bersifat kuantitatif disebut penetapan kadar.


5. Secara hayati / Biologi
Pada umumnya bersifat penetapan potensi zat berkhasiat.

Pemalsuan Dan Penurunan Mutu Simplisia



Simplisia dianggap bermutu rendah
jika tidak memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan, khususnya persyaratan kadarnya. Mutu rendah ini dapat disebabkan oleh tanaman asal, cara panen dan pengeringan yang salah, disimpan terlalu lama, kena pengaruh kelembaban, panas atau penyulingan.


Simplisia dianggap rusak
jika oleh sebab tertentu, keadaannya tidak lagi memenuhi syarat, misalnya menjadi basah oleh air laut, tercampur minyak pelumas waktu diangkut dengan kapal dan lain sebagainya.


Simplisia dinyatakan bulukan
jika kualitasnya turun karena dirusak oleh bakteri, cendawan atau serangga.


Simplisia dinyatakan tercampur
jika secara tidak sengaja terdapat bersama-sama bahan- bahan atau bagian tanaman lain, misalnya kuncup Cengkeh tercampur dengan tangkai Cengkeh, daun Sena tercampur dengan tangkai daun.


Simplisia dianggap dipalsukan
jika secara sengaja diganti, diolah atau ditambahi bahan lain yang tidak semestinya. Misalnya minyak zaitun diganti minyak biji kapas, tetapi dijual dengan nama minyak zaitun.

Tata Nama Latin Tanaman

  1. Nama latin tananman terdidri dari 2 kata, kata pertama mennunjukan genus dan kata kedua menunjukan spesies, misalnya nama latin pada Oryza sativa, jadi Oryza adalah genusnya sedangkan sativa adalah spesiesnya. Huruf pertama dari genus ditulis dengan huruf besar dan huruf pertama dari petunjuk spesies ditulis dengan huruf kecil.
  2. Nama latin tananman tidak boleh lebih dari 2 perkataan, jika lebih dari 2 kata (3kata), 2 dari 3 kata tersebut harus digabungkan dengan tanda (-). Contoh : Hibiscus rosa – sinensis
  3. Kadang-kadang terjadi penggunan 1 nama latin terhadap 2 tanaman yang berbeda, hal ini disebut homonim dan keadaan ini terjadi sehingga ahli botani lain keliru menggunakan nama latin yang bersangkutan terhadap tanaman lain yang juga cocok dengan uraian morfologis tersebut.

Tata Nama Simplisia

Dalam ketentuan umum Farmakope Indonesia disebutkan bahwa nama simplisia nabati ditulis dengan menyebutkan nama genus atau spesies nama tananman, diikuti nama bagian tanaman yang digunakan. Ketentuan ini tidak berlaku untuk simplisisa nabati yang diperoleh dari beberapa macam tanaman dan untuk eksudat nabati.

Contoh :

1. genus + nama bagian tanaman : Cinchonae Cortex, Digitalis Folium, Thymi Herba, Zingiberis Rhizoma.

2. Petunjuk spesies + nama bagian tanaman : Belladonnae Herba, Serpylli Herba.

3. Genus+petunjuk spesies+nama bagian tanaman : Capsici frutescentis Fructus.


Keterangan : Nama spesies terdiri dari genus + petunjuk spesies

Contoh :

Nama spesies     : Cinchona succirubra
Nama genus       : Cinchona
Petunjuk species : succirubra

Beberapa istilah dalam farmakognosi

Simplisia : adalah bahan alamiah yang digunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga, kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telah dikeringkan.

Simplisia nabati : adalah simplisia berupa tanaman utuh, bagian tanaman atau eksudat tanaman.

Eksudat tanaman : Adalah isi sel yang secara spontan keluar dari tanaman atau isi sel dengan cara tertentu dikeluarkan dari selnya, atau zat-zat nabati lainnya yang dengan cara tertentu dipisahkan dari tanamannya dan belum berupa zat kimia murni.

Simplisia hewani : adalah simplisia yang berupa hewan utuh, bagian hewan atau zat-zat yang berguna yang dihasilkan oleh hewan dan belum berupa zat kimia murni.

Simplisia mineral : adalah simplisia yang berupa mineral (pelikan) yang belum diolah atau dioleh dengan cara sederhana dan belum berupa zat kimia murni.

Alkaloida : adalah suatu basa organik yang mengandung unsur Nitrogen (N) pada umumnya berasal dari tanaman , yang mempunyai efek fisiologis kuat/keras terhadap manusia.

Glikosida : adalah suatu zat yang oleh enzim tertentu akan terurai menjadi satu macam gula serta satu atau lebih bukan zat gula. Contohnya amigdalin, oleh enzim emulsin akan terurai menjadi glukosa + benzaldehida + asam sianida.

Enzim : Adalah suatu biokatalisator yaitu senyawa atau zat yang berfungsi mempercepat reaksi biokimia / metabolisme dalam tubuh organisme.

Vitamin : adalah suatu zat yang dalam jumlah sedikit sekali diperlukan oleh tubuh manusia untuk membentuk metabolisme tubuh. Tubuh manusia sendiri tidak dapat memproduksi vitamin.

Hormon : adalah suatu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar endokrin yang mampengaruhi faal, tubuh dan mempengaruhi besar bentuk tubuh.

Pemerian : Adalah uraian tentang bentuk, bau, rasa, warna simplisia, jadi merupakan informasi yang diperlukan pada pengamatan terhadap simplisia nabati yang berupa bagian tanaman (kulit, daun, akar, dan sebagainya).

Pantang Menyerah Saja Tidak Cukup Untuk Meraih Sukses

Motivasi hari ini..

Capture6Seringkali kita membaca atau mendengar bahwa orang yang sukses adalah mereka yang tidak pernah menyerah. Benarkah? Mari kita jelaskan.

Orang sukses juga sering mengalami kegagalan. Bahkan porsi kegagalannya jauh lebih banyak dibandingkan porsi orang yang gagal apalagi yang tidak pernah mencoba sama sekali. Tidak mau menyerah berarti tidak mau berhenti sebelum berhasil mewujudkan apa yang diinginkan.

Siapa pun pasti setuju kalau pantang menyerah adalah sikap mental yang harus ada dalam diri setiap orang yang ingin sukses? Tapi itu saja tidak cukup. Kalau hanya mengandalkan pantang menyerah tapi tidak didukung yang satu ini, maka Anda akan terus menemui kegagalan. Selain pantang menyerah, Anda harus menambahkan yang satu ini.

Yang saya maksud adalah sikap fleksibel. Anda lihat karet gelang yang lentur, yang bisa dibentuk dan ditarik sana-sini. Begitu pula dengan air. Air selalu menyesuaikan bentuknya sesuai wadah yang ditempati. Itulah contoh fleksibel.

Mengapa harus fleksibel? Kalau Anda tidak fleksibel, berarti Anda statis dan kaku, yang artinya hanya itu-itu saja.

Ketika Anda mulai take action untuk meraih impian, Anda sangat terobsesi dan bersemangat. Anda pantang menyerah, tidak mau peduli dengan kegagalan. Pokoknya Anda tetap ngotot untuk terus berusaha sampai berhasil. Tapi sayangnya, setelah sekian lama berusaha, tetap tidak berhasil. Ada satu hal yang kurang, yaitu fleksibel. Fleksibel yang saya maksud adalah fleksibel dalam tindakan dan rencana.

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa orang gila adalah mengharapkan hasil yang berbeda tapi terus-terusan melakukan hal yang sama terus-menerus. Anda pasti sudah tahu ini, jadi saya tak perlu capek-capek lagi menjelaskan. Anda akan terus menuai buah jeruk kalau Anda terus menanam bibit jeruk. Adalah gila kalau Anda berharap buah apel tapi yang ditanam bibit jeruk.

Itulah yang terjadi pada sebagian orang. Mereka bingung. Mereka sudah punya impian, rencana yang jelas, tindakan nyata dan pantang menyerah. Tapi tetap tak berhasil. Ini dikarenakan mereka terus-menerus melakukan tindakan yang sama. Jika tindakan itu terus mengarah pada hasil yang tidak sesuai, maka mereka akan terus gagal.

Ibarat mereka menemui jalan buntu, tapi mereka terus berjalan maju sehingga terhalang tembok dan tidak bisa ke mana pun. Padahal sikap fleksibel sangat penting, di mana mereka mengganti rencana dan tindakan dengan cara berbalik arah mencari jalan baru.

Di saat Anda belum mendapakan apa yang diharapkan, coba periksa kembali rencana dan tindakan Anda. Apakah ada yang perlu direvisi atau diganti. Kadang kita tidak sadar tindakan yang diambil tidak tepat, tapi terus-menerus dicoba. Hasilnya ya tetap seperti itu, takkan ada perkembangan.

Itulah mengapa fleksibel sangat diperlukan untuk meraih sukses. Sikap fleksibel memungkinkan Anda untuk menemukan tindakan dan rencana yang lebih efektif. Sikap fleksibel juga diperlukan agar Anda tidak jatuh ke dalam lubang perangkap yang sama berkali-kali. Sudah tahu itu adalah lubang, tapi tetap nyemplung ke dalamnya. Itu adalah tindakan yang sering terjadi pada kebanyakan orang.

Jalan ke satu tujuan itu ada banyak, bukan hanya satu saja. Jadi sikap fleksibel memungkinkan Anda untuk memilih jalan yang tercepat, terbaik dan terefisien. Kalau Anda statis dan kaku, apalagi jalan yang diambil adalah jalan yang salah, maka Anda tidak akan pernah sampai di tujuan.

Dengan menjadi fleksibel, Anda terbuka dengan solusi yang lain. Kalau Anda tidak fleksibel, Anda seperti orang yang kaku pada satu rencana tindakan. Dan jika rencana tindakan itu salah, Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau Anda terus ngotot berusaha, Anda hanya akan buang-buang waktu.

Jika gagal, ambil jalan yang lain. Cari terus jalan lain jika bertemu jalan buntu. Suatu saat Anda akan menemukan jalan yang terbaik dan sukses.


Hakikat Hidup


Berbicara masalah hakekat hidup sebenarnya membutuhkan rincian yang sangat panjang dan terinci. Namun secara ringkas, hakikat hidup bisa terungkap dari pernyataan Ali bin Abi Thalib. Menurutnya, awal kehidupan adalah tangisan, pertengahannya adalah ujian dan ujungnya adalah kefanaan. Ketika anda lahir anda menangis, dan tangisan itu akan menjadi warna kehidupan. Saat anda sedih dan juga bahagia terkadang ditandai dengan tangisan.
 

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS. 57:20)

Dalam perjalanan hidup ini tidak ada orang yang tidak mendapat ujian walaupun kadarnya berbeda-beda namun ujian itu pasti ada. Semua yang ada dalam genggaman kita pada dasarnya hanya asesoris dan hiasan termasuk gelar akademis, kekayaan, harta dan keduaniaan lainnya. Kalau sudah selesailah semua, giliran pintu kematian yang akan dirasakan seluruh umat manusia.

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan. (QS.21:35)

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. 28:77)

Ada sesuatu yang kita akam dimiliki secara abadi sampai di akherat. dan juga yang hanya didunai ini. Maka jadikan dunia ini sebagai sarana dan mencari bekal untuk masuk ke alam selanjutnya. Karena alam yang akan dilalui manusia hanyalah one way, satu tiket. Alias tidak bisa balik lagi. Waspadalah, berhati-hati, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu dan beramal ketika didunia ini.

Ciri-Ciri Sekolah yang Melaksanakan Pembelajaran Aktif

Motivasi hari ini..

Pembelajaran Aktif merupakan sebuah konsep pembelajaran yang dipandang sesuai dengan tuntutan pembelajaran mutakhir. Oleh karena itu, setiap sekolah seyogyanya dapat mengimplementasikan dan mengembangkan pembelajaran aktif ini dengan sebaik mungkin. Dengan merujuk pada gagasan dari Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas (2010), berikut ini disajikan sejumlah indikator atau ciri-ciri sekolah yang telah melaksanakan proses pembelajaran aktif ditinjau dari aspek: 

(a) ekspektasi sekolah, kreativitas, dan inovasi; 
(b) sumber daya manusia; 
(c) lingkungan, fasilitas, dan sumber belajar; dan 
(d) proses belajar-mengajar dan penilaian.


A. EKSPEKTASI SEKOLAH, KREATIVITAS, DAN INOVASI

Prestasi belajar peserta didik lebih ditekankan pada ”menghasilkan” daripada ”memahami”.
Sekolah menyelenggarakan ajang ‘kompetisi’ yang mendidik dan sehat.
Sekolah ramah lingkungan (misalnya; ada tanaman atau pohon, po bunga, tempat sampah)
Lebih baik lagi jika terdapat produk/karya peserta didik yang mempunyai nilai artistik dan ekonomis/kapital untuk dijual.
Lebih baik jika ada pameran karya peserta didik dalam kurun waktu tertentu, misalnya sekali dalam satu tahun.
Karya peserta didik lebih dominan daripada pemasangan beragam atribut sekolah.
Kehidupan sekolah terasa lebih ramai, ceria, dan riang.
Sekolah rapi, bersih, dan teratur.
Komunitas sekolah santun, disiplin, dan ramah.
Animo masuk ke sekolah itu makin meningkat.
Sekolah menerapkan seleksi khusus untuk menerima peserta didik baru.
Ada forum penyaluran keluhan peserta didik.
Iklim sekolah lebih demokratis.
Diselenggarakan lomba-lomba antarkelas secara berkala dan di tingkat pendidikan menengah ada lomba karya ilmiah peserta didik.
Ada program kunjungan ke sumber belajar di masyarakat.
Kegiatan belajar pada silabus dan RPP menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif.
Peserta didik mengetahui dan dapat menjelaskan tentang lingkungan sekolah (misalnya, nama guru, nama kepala sekolah, dan hal-hal umum di sekolah itu).
Ada program pelatihan internal guru (inhouse training) secara rutin.
Ada forum diskusi atau musyawarah antara kepala sekolah dan guru maupun tenaga kependidikan lainnya secara rutin.
Ada program tukar pendapat, diskusi atau musyawarah dengan mitra dari berbagai pihak yang terkait (stakeholders).

B. SUMBER DAYA MANUSIA

Kepala sekolah peduli dan menyediakan waktu untuk menerima keluhan dan saran dari peserta didik maupun guru.
Kepala sekolah terbuka dalam manajemen, terutama manajemen keuangan kepada guru dan orang tua/komite sekolah.
Guru berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar.
Guru mengenal baik nama-nama peserta didik.
Guru terbuka kepada peserta didik dalam hal penilaian.
Sikap guru ramah dan murah senyum kepada peserta didik, dan tidak ada kekerasan fisik dan verbal kepada peserta didik.
Guru selalu berusaha mencari gagasan baru dalam mengelola kelas dan mengembangkan kegiatan belajar.
Guru menunjukkan sikap kasih sayang kepada peserta didik.
Peserta didik banyak melakukan observasi di lingkungan sekitar dan terkadang belajar di luar kelas.
Peserta didik berani bertanya kepada guru.
Peserta didik berani dalam mengemukakan pendapat.
Peserta didik tidak takut berkomunikasi dengan guru.
Para peserta didik bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, ras, golongan, dan agama.
Peserta didik tidak takut kepada kepala sekolah.
Peserta didik senang membaca di perpustakaan dan ada perilaku cenderung berebut ingin membaca buku bila datang mobil perpustakaan keliling.
Potensi peserta didik lebih tergali serta minat dan bakat peserta didik lebih mudah terdeteksi.
Ekspresi peserta didik tampak senang dalam proses belajar.
Peserta didik sering mengemukakan gagasan dalam proses belajar.
Perhatian peserta didik tidak mudah teralihkan kepada orang/tamu yang datang ke sekolah.

C. LINGKUNGAN, FASILITAS, DAN SUMBER BELAJAR

Sumber belajar di lingkungan sekolah dimanfaatkan peserta didik untuk belajar.
Terdapat majalah dinding yang dikelola peserta didik yang secara berkala diganti dengan karya peserta didik yang baru. Di ruang kepala sekolah dan guru terdapat pajangan hasil karya peserta didik.
Tidak ada alat peraga praktik yang ditumpuk di ruang kepala sekolah atau ruang lainnya hingga berdebu.
Buku-buku tidak ditumpuk di ruang kepala sekolah atau di ruang lain.
Frekuensi kunjungan peserta didik ke ruang perpustakaan sekolah untuk membaca/meminjam buku cukup tinggi.
Di setiap kelas ada pajangan hasil karya peserta didik yang baru.
Ada sarana belajar yang bervariasi.
Digunakan beragam sumber belajar.

D. PROSES BELAJAR-MENGAJAR DAN PENILAIAN

Pada taraf tertentu diterapkan pendekatan integrasi dalam kegiatan belajar antarmata pelajaran yang relevan.
Tampak ada kerja sama antarguru untuk kepentingan proses belajar mengajar.
 
Dalam menilai kemajuan hasil belajar guru menggunakan beragam cara sesuai dengan indikator kompetensi. Bila tuntutan indikator melakukan suatu unjuk kerja, yang dinilai adalah unjuk kerja. Bila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, yang digunakan adalah alat penilaian tertulis. Bila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, tugas (proyek) itulah yang dinilai. Bila tuntutan indikator menghasilkan suatu produk 3 dimensi, baik proses pembuatan maupun kualitas, yang dinilai adalah proses pembuatan atau pun produk yang dihasilkan.
 
Tidak ada ulangan umum bersama, baik pada tataran sekolah maupun wilayah, pada tengah semester dan / atau akhir semester, karena guru bersangkutan telah mengenali kondisi peserta didik melalui diagnosis dan telah melakukan perbaikan atau pengayaan berdasarkan hasil diagnosis kondisi peserta didik.
 
Model rapor memberi ruang untuk mengungkapkan secara deskriptif kompetensi yang sudah dikuasai peserta didik dan yang belum, sehingga dapat diketahui apa yang dibutuhkan peserta didik.
Guru melakukan penilaian ketika proses belajar-mengajar berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan sekaligus sebagai alat diagnosis untuk menentukan apakah peserta didik perlu melakukan perbaikan atau pengayaan.
 
Menggunakan penilaian acuan kriteria, di mana pencapaian kemampuan peserta didik tidak dibandingkan dengan kemampuan peserta didik yang lain, melainkan dibandingkan dengan pencapaian kompetensi dirinya sendiri, sebelum dan sesudah belajar.
 
Penentuan kriteria ketuntasan belajar diserahkan kepada guru yang bersangkutan untuk mengontrol pencapaian kompetensi tertentu peserta didik. Dengan demikian, sedini mungkin guru dapat mengetahui kelemahan dan keberhasilan peserta dalam kompetensi tertentu.

Kecerdasan Emosional Dalam Belajar

Motivasi hari ini..

Di tengah semakin ketatnya persaingan di dunia pendidikan dewasa ini, merupakan hal yang wajar apabila para siswa sering khawatir akan mengalami kegagalan atau ketidak berhasilan dalam meraih prestasi belajar atau bahkan takut tinggal kelas.

Banyak usaha yang dilakukan oleh para siswa untuk meraih prestasi belajar agar menjadi yang terbaik seperti membentuk kelompok belajar atau mengikuti bimbingan belajar. Usaha semacam itu jelas positif, namun masih ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam mencapai keberhasilan selain kecerdasan ataupun kecakapan intelektual, faktor tersebut adalah kecerdasan emosional. Karena kecerdasan intelektual saja tidak memberikan persiapan bagi individu untuk menghadapi gejolak, kesempatan ataupun kesulitan-kesulitan dan kehidupan. Dengan kecerdasan emosional, individu mampu mengetahui dan menanggapi perasaan mereka sendiri dengan baik dan mampu membaca dan menghadapi perasaan-perasaan orang lain dengan efektif. Individu dengan keterampilan emosional yang berkembang baik berarti kemungkinan besar ia akan berhasil dalam kehidupan dan memiliki motivasi untuk berprestasi. Sedangkan individu yang tidak dapat menahan kendali atas kehidupan emosionalnya akan mengalami pertarungan batin yang merusak kemampuannya untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugasnya dan memiliki pikiran yang jernih.

Sebuah laporan dari National Center for Clinical Infant Programs (1992) menyatakan bahwa keberhasilan di sekolah bukan diramalkan oleh kumpulan fakta seorang siswa atau kemampuan dirinya untuk membaca, melainkan oleh ukuran-ukuran emosional dan sosial: yakni pada diri sendiri dan mempunyai minat; tahu pola perilaku yang diharapkan orang lain dan bagaimana mengendalikan dorongan hati untuk berbuat nakal; mampu menunggu, mengikuti petunjuk dan mengacu pada guru untuk mencari bantuan; serta mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan saat bergaul dengan siswa lain. Hampir semua siswa yang prestasi sekolahnya buruk, menurut laporan tersebut, tidak memiliki satu atau lebih unsur-unsur kecerdasan emosional ini (tanpa memperdulikan apakah mereka juga mempunyai kesulitan-kesulitan kognitif seperti kertidakmampuan belajar). (Goleman, 2002: 273)

Penelitian Walter Mischel (1960) mengenai “marsmallow challenge” di Universitas Stanford menunjukkan anak yang ketika berumur empat tahun mampu menunda dorongan hatinya, setelah lulus sekolah menengah atas, secara akademis lebih kompeten, lebih mampu menyusun gagasan secara nalar, seta memiliki gairah belajar yang lebih tinggi. Mereka memiliki skor yang secara signifikan lebih tinggi pada tes SAT dibanding dengan anak yang tidak mampu menunda dorongan hatinya (Goleman, 2002: 81).
Individu yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik, dapat menjadi lebih terampil dalam menenangkan dirinya dengan cepat, jarang tertular penyakit, lebih terampil dalam memusatkan perhatian, lebih baik dalam berhubungan dengan orang lain, lebih cakap dalam memahami orang lain dan untuk kerja akademis di sekolah lebih baik (Gottman, 1998: xvii)

Keterampilan dasar emosional tidak dapat dimiliki secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan proses dalam mempelajarinya dan lingkungan yang membentuk kecerdasan emosional tersebut besar pengaruhnya. Hal positif akan diperoleh bila anak diajarkan keterampilan dasar kecerdasan emosional, secara emosional akan lebih cerdas, penuh pengertian, mudah menerima perasaan-perasaan dan lebih banyak pengalaman dalam memecahkan permasalahannya sendiri, sehingga pada saat remaja akan lebih banyak sukses di sekolah dan dalam berhubungan dengan rekan-rekan sebaya serta akan terlindung dari resiko-resiko seperti obat-obat terlarang, kenakalan, kekerasan serta seks yang tidak aman (Gottman, 1998: 250)

Siswa bukanlah benda mati yang hanya bergerak bila ada daya dari luar yang mendorongnya, melainkan mahluk yang mempunyai daya-daya dalam dirinya untuk bergerak yaitu motivasi. Dengan adanya motivasi, manusia kemudian terdorong unutk melakukan suatu tindakan atau perilaku, yang termasuk di dalamnya adalah keinginan untuk berprestasi tinggi di dalam belajar. (Irwanto, 1997: 184)

Arden N. Fardesen mengatakan bahwa hal yang mendorong seorang untuk belajar adalah:

  • Adanya sifat ingin tahu dan menyelidiki dunia yang amant luas.
  • Adanya sifat yang kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk selalu maju.
  • Adanya keinginan untuk mendapatkan simpati dari orang tua, guru, dan teman.
  • Adanya uasaha untuk memperbaiki kegagalaan yang lalu dengan usaha yang baru, baik dengan koprasi maupun dengan kompetisi.
  • Adanya usaha untuk mendapatkan rasa aman bila menguasai pelajaran.
  • Adanya ganjaran atau hukuman sebagai konsekwensi dari belajar. (Suryabrata, 1998: 253)

Keenam poin tersebut adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa. Bila seorang siswa mampu mengaturnya dengan baik, hal tersebut menunjukan kecerdasan emosional yang baik dan akan memberikan sumbangan yang besar terhadap prestasi baiknya dalam belajar. Tapi kalau yang terjadi sebaliknya, maka siswa akan terhambat dan menhalami kesulitan dalam belajar.

Melihat uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang baik di sekolah. Siswa dengan ketrampilan emosional yang berkembang baik berarti kemungkinan besar ia akan berhasil dalam pelajaran, menguasai kebiasaan pikiran yang mendorong produktivitas mereka. Sebaliknya siswa yang tidak dapat menghimpun kendali tertentu atas kehidupan emosionalnya akan mengalami pertarungan batin yang merampas kemampuan mereka untuk berkonsentrasi pada pelajaran ataupun untuk memiliki pikiran yang jernih, sehingga bagaimana siswa diharapkan berprestasi kalau mereka masih kesulitan mengatur emosi mereka.

Cerita Inspiratif – Keberanian Luar Biasa



 Motivasi hari ini..

brave


Pada suatu kala, hiduplah seorang pemuda yang menjalani hari-harinya dengan penuh kebosanan. Ia telah kehilangan semangat hidup karena berbagai masalah dan persoalan buruk yang terus menghantuinya. Bisnis yang telah dirintis dengan susah payah akhirnya bangkrut, yang mengakibatkan anak dan istri tercintanya berada dalam keadaan yang terancam. Ia cemas memikirkan bagaimana menghidupi keluarganya ke depan.

Keadaan yang penuh kesulitan itu membuatnya tidak kuat menahan beban hidup yang berat bagaikan menahan sebuah gunung. Semuanya terasa tidak adil. Ia pun merasa tidak berguna bagi orang lain karena berpikir ia bukan siapa-siapa lagi. Ia menganggap dirinya sekarang seperti sampah yang siap dibuang, tidak berguna, tidak dipedulikan. Ia merasa tidak berguna sebagai seorang suami, tidak mampu memberikan yang terbaik bagi keluarganya.

Begitulah seterusnya, pemuda itu terus mengeluhkan keadaannya dan terus mengatakan kepada diri sendiri bahwa ia adalah orang yang tidak berguna.

Sampai pada suatu hari, ia berjalan-jalan di kota dan melihat ada sebuah kebakaran hebat yang terjadi di sebuah rumah. Api tersebut merah membara seakan ingin menelan apa pun yang berada di dekatnya. Api itu luar biasa besarnya seperti kobaran api raksasa yang menghanguskan rumah itu. Pemilik rumah itu, seorang wanita, menangis dengan keras sambil menunjuk ke arah rumah dan memanggil anaknya yang masih terjebak di dalam. Anaknya menangis memanggil ibunya dari lantai dua. Wanita itu bersikeras ingin menerobos ke dalam, tetapi dihalangi tetangganya karena masuk ke dalam sama dengan mengantar nyawa.

Orang-orang sekitar hanya bisa melihat kobaran api yang menyala-nyala tanpa bisa berbuat apa-apa untuk menolong seorang anak yang berada di lantai dua, terperangkap tak bisa keluar.

Tiba-tiba muncul seorang anak yang cacat mental (idiot) dengan penuh keberanian menerobos memasuki rumah yang terbakar itu. Orang-orang berteriak untuk melarangnya, tapi ia terus masuk seolah-olah tidak mendengarkan mereka. Tidak lama kemudian, pemuda cacat mental ini berhasil keluar dari kobaran api dengan selamat sambil menggendong seorang anak yang tadi terperangkap dalam kebakaran.

Melihat keberaniannya, semua orang bertepuk tangan untuknya. Mereka salut karena ketika tidak ada seorang pun yang berani menyelamatkan orang, ia malah berani melakukannya bagaikan memiliki banyak nyawa. Sang ibu terus berterima kasih kepadanya karena telah menyelamatkan nyawa anaknya. Pemuda cacat mental itu tetap tak berekspresi bagaikan tidak terjadi apa-apa.

Melihat kejadian itu, pemuda itu tertegun melihat tindakan luar biasa yang dilakukan pemuda cacat mental itu. Air mata haru mengalir karena selama ini ia selalu menganggap dirinya tidak berguna. Saat itulah ia melihat dengan mata kepala sendiri seorang pemuda yang mengalami keterbelakangan mental menjadi seorang pahlawan sejati ketika menyelamatkan seorang anak kecil dari kebakaran, padahal orang lain tidak berani melakukannya. Seorang cacat mental yang dianggap tidak berguna bisa memiliki keberanian yang luar biasa dan bahkan jauh lebih berguna dari orang lain yang hanya melihat saja.

Pembaca sekalian,
Mungkin Anda suka merendahkan diri sendiri dengan sesuatu hal yang membuat Anda menjadi tak berdaya. Anda mungkin menganggap diri sendiri tidak berguna dan tidak cukup pantas untuk menjadi orang yang luar biasa. Anda mungkin juga menganggap orang lain jauh lebih baik dan lebih hebat dari Anda. Anggapan inilah yang sering kali menjatuhkan kita sebagai seorang manusia yang memiliki kemampuan luar biasa.

Sikap rendah diri inilah yang mengikat diri sendiri dan menahan seluruh potensi yang ada dalam diri Anda. Sikap ini juga bagaikan penjara bawah tanah yang membuat Anda tidak bisa pergi bebas ke mana pun yang Anda inginkan.

Sadarilah bahwa Anda adalah manusia yang unik dan dibekali dengan kemampuan yang luar biasa untuk menjadi, melakukan dan memperoleh apa pun yang Anda impikan. Anda hanya perlu mendukung diri Anda dan menyadari bahwa Anda adalah orang yang dilahirkan di dunia ini untuk menjadi luar biasa, bukan orang yang biasa-biasa saja. Anda layak untuk menjadi orang yang berguna, menjadi seorang juara dan pahlawan sejati dalam hidup Anda

Apa Yang Membuat Kita Menjadi Orang Yang Tegar?

tumblr_mu2e4rLUAc1sal6sto1_500

Motivasi hari ini..

Apa yang menjadikan seseorang itu kuat dan tegar? Coba pikirkan sebentar.
Apakah orang yang kuat itu memiliki otot yang gede dan sanggup mengangkat beban berat? Bukan itu yang saya maksud.

Yang saya maksud adalah orang yang kuat secara mental. Orang yang kuat mental adalah orang-orang yang luar biasa dalam mengarungi samudera kehidupan. Saat sedang terkena masalah, mereka tetap tegar dan mampu melewati krisis. Pada saat sedang menghadapi rintangan, mereka tidak serta-merta menyerah dan putus asa. Saat mengalami kegagalan, mereka mampu bangkit lagi. Itulah orang yang kuat dan tegar.

Lalu apa yang membuat kita menjadi orang yang kuat dan tegar?

Hanya ada satu jawaban dasarnya, yaitu mau menerima kenyataan.

Mau menerima kenyataan bukan hanya menerima kenyataan yang baik, tapi juga mau dan mampu menerima kenyataan terpahit sekali pun.

Semua orang pasti bisa menerima kenyataan saat sedang berbahagia dan mengalami kejadian menyenangkan. Tapi tidak semua atau hanya sedikit sekali yang mampu menerima kenyataan saat sedang mengalami masalah berat.

Ketika kita sedang mengalami masalah, apa yang biasanya kita lakukan? Secara umum, kita pasti patah semangat, down, stres, batin tertekan dan bahkan depresi. Itu yang dialami kebanyakan orang.

Tapi ada sebagian kecil orang yang tetap tegar dan mampu bangkit setelah dijatuhkan oleh masalah atau rintangan. Mereka mampu menerima kenyataan bahwa itu memang sudah terjadi. Meratap atau menangis takkan bisa menyelesaikan masalah. Mereka sadar tidak bisa terus-menerus tenggelam dalam keterpurukan.

Satu-satunya jalan keluar adalah berusaha menjadi solusi. Solusi hanya bisa dicari saat kita sudah mampu menerima kenyataan dari apa yang telah terjadi.

Kalau kita tak mau menerima kenyataan, kita takkan bisa berpikir tenang apalagi memikirkan jalan keluar. Yang ada adalah pikiran terus kusut dan memikirkan sesuatu yang bikin perasaan makin tidak enak.

Apakah Anda mampu seperti itu?

Apakah Anda mampu menerima kenyataan saat sedang mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan? Sesuatu yang terjadi memang sudah terjadi dan tak bisa diubah kembali. Tidak ada jalan lain bagi Anda kecuali menerima kenyataan bahwa itu sudah terjadi.

Apa yang sudah terjadi adalah sejarah yang takkan bisa dibatalkan. Tak ada mesin waktu yang bisa mengubah sejarah masa lalu. Meratapi masa lalu takkan mmebuatnya jadi lebih baik. Kita hanya bisa menerima kenyataan dan belajar darinya.

Kalau Anda mampu menerima kenyataan atas kejadian apa pun, Anda takkan mudah dikalahkan olehnya. Mungkin Anda akan sedikit down, tapi itu takkan lama. Ketika Anda mampu menerima kenyataan, di saat itu pula Anda sudah bangkit dari keterpurukan.

Banyak orang menganggap menerima kenyataan itu sama dengan pasrah. It’s bullshit. Menerima kenyataan sangat berbeda dengan pasrah. Mirip tapi tidak sama. Pasrah itu lebih condong ke perasaan desperate atau putus asa. Orang pasrah itu tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menunggu semuanya kembali seperti semula. Orang pasrah cenderung mengatakan, “Aku pasrah deh. Mau gimana juga gue pasrah tak bisa apa-apa lagi.” Pasrah lebih cenderung berkarakter negatif dan pasif. Tapi orang yang menerima kenyataan adalah orang yang berjiwa lapang dalam menghadapi apa pun. Menerima kenyataan lebih cenderung berkarakter positif dan aktif. Mereka terus maju meski sedang bermasalah. They keep moving on. Tidak seperti orang pasrah yang diam tak berdaya tanpa berusaha mencari jalan keluar.

Makanya saya berani bilang orang yang sanggup menerima kenyataan bahkan yang terpahit sekali pun adalah orang yang paling kuat mental. Jarang ada orang yang seperti ini. Kalau Anda termasuk salah satunya, saya ucapkan selamat. Tak ada lagi apa pun yang sanggup membuat Anda terpuruk.

Syukuri Hal Kecil, Raih Hal Besar



Motivasi hari ini..

Beberapa hari lalu, saya dan teman makan steak di sebuah Steak House. Setelah makan dan berbincang-bincang cukup lama, akhirnya kami menuju ke tempat lain. Setelah membayar bill, kami mendapat kembalian. Ada uang koin seratus rupiah.

gratitude7Nah, pada saat akan membayar parkir. Saya memberikan uang parkir beserta uang koin seratus tadi. Begitu tukang parkir mengetahui uang koin seratus tadi, ia langsung membuangnya dan mengatakan, “Apa ini.” Ia hanya menyimpan uang parkir, tapi uang koin dibuang.

Dalam hati saya berpikir, “Sungguh tak tahu bersyukur. Mentang-mentang cuma uang recehan, lantas dibuang begitu saja.” Tahu begini, lebih saya simpan saja uang koin itu. Kadang kalau mendapat uang recehan, saya tetap simpan. Kalau ada uang recehan 500 atau 1000 rupiah, pasti saya masukkan ke celengan. Kalau uang 100 atau 200 saya tetap taruh di tempat lain. Saya tak pernah memandang rendah recehan.

Saya juga pernah mendengar orang yang memberi uang ke pengemis dengan uang recehan. Lantas uang recehan tersebut dibuang dan pengemisnya marah-marah. Coba Anda bayangkan betapa mirisnya. Bukannya bersyukur, tapi malah marah-marah.

Saya takkan memberikan penilaian apa pun terhadap kejadian ini. Yang ingin saya sampaikan kali ini adalah kita harus bersyukur meski hal kecil sekalipun. Karena saya percaya Tuhan takkan memberikan hal besar kalau hal kecil saja tak dihargai.

Coba lihat skenario ini. Andaikan Anda punya anak yang masih kecil, atau keponakan atau anak kecil lah pokoknya. Anda kasih uang lima ribu. Lalu uang lima ribu itu dibuang, wajah anak kecil tersebut merengut dan marah-marah sambil berkata, “Apaan nih uang segini.”

Bagaimana perasaan Anda melihat kejadian itu? Pasti marah dan kesal dengan anak itu. Lain kali, maukah Anda memberinya uang lagi? Mungkin tidak rela. Anda pasti berpikir untuk apa kasih uang kepada anak yang sok seperti itu.

Bagaimana kalau sebaliknya, saat memberi uang lima ribu, anak kecil tadi sangat senang dan berterima kasih serta mengatakan Anda baik? Anda pasti ikut senang dan mungkin lain kali akan memberi uang yang lebih besar jumlahnya.

Tuhan juga mungkin melihat Anda seperti itu. Tuhan memberi Anda hal-hal kecil lalu melihat apakah Anda bisa mensyukuri atau tidak. Kalau Anda tidak mensyukuri apalagi marah-marah, jangan harap berkah besar akan menghampiri hidup Anda. Hal-hal besar hanya bisa menjadi milik mereka yang bisa bersyukur sekecil apa pun hal yang mereka terima dan miliki.

Kembali lagi soal recehan tadi.

Mungkin Anda memandang sebelah mata. Tapi saya tidak. Tahukah Anda kalau Anda membeli celengan lalu dimasukkan uang recehan 500 atau 1000, maka saat penuh nanti totalnya bisa mencapai satu juta? Uang recehan yang sangat kecil nilainya tapi kalau dikumpul terus tanpa sadar akan menjadi banyak.
Dan tahukah Anda dengan uang satu juta, Anda bisa pulang-pergi ke luar negeri (KL, Penang, Singapura atau Bangkok) 2-5 kali dengan AirAsia? Dengan recehan yang tak diperhitungkan, Anda masukkan ke celengan sampai penuh, Anda bisa keluar negeri.

Apakah Anda terbiasa membuang recehan entah ke mana? Hitung sendiri, berapa banyak yang sudah Anda buang dan coba totalkan. Anda pasti akan terkejut akan jumlahnya. Saya juga terkejut saat mengumpulkan recehan dalam jumlah banyak. Tanpa sadar waktu berlalu, jumlahnya lumayan lho.

Sekecil apa pun yang Anda dapatkan, sudah sepantasnya disyukuri. Semua hal besar pasti bermula dari hal kecil. Sesuatu yang besar takkan ada jika tidak ada hal kecil. Sesuatu yang canggih takkan ada jika tidak ada hal yang sederhana. Jadi jangan remehkan hal kecil. Justru itulah ujian yang diberikan hidup ini buat Anda untuk melihat apakah Anda layak untuk mendapatkan hal besar suatu saat mendatang.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Fresh

Motivasi hari ini..

freshlife
Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari hidup yang lebih fresh. Hidup ini kadang ada batasnya, dan jika Anda terus memaksanya, maka Anda sendiri akan merasa penat, bosan, letih dan terbebani. Ujung-ujungnya, Anda bisa stres.
Dan jika itu sudah terjadi, Anda harus lakukan sesuatu agar hidup Anda kembali fresh. Hidup yang fresh menjadikan Anda lebih segar dan siap untuk menjalani hari-hari ke depan. Tenang saja, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang berat atau mengeluarkan uang untuk itu. Semuanya bisa di lakukan siapa pun karena memang mudah dilakukan. Hanya membutuhkan kemauan dan niat saja.
Berikut ada 6 tips yang bisa membuat hidup Anda lebih fresh.

#1. Matikan ponsel Anda sejenak atau pada waktu tertentu. Pernah lihat orang yang kelihatan sibuk tak tentu dengan ponselnya, apalagi BB? Cobalah matikan ponsel Anda saat kerjaan sudah usai, dan luangkan waktu untuk diri Anda atau keluarga. Heningkan diri Anda sejenak dari tembakan pesan bertubi-tubi dari ponsel.

#2. Buang barang-barang yang tidak diperlukan lagi. Tahukah Anda, barang-barang yang tak diperlukan di rumah Anda akan terlihat semak. Dari semak itu, Anda merasa sempit. Lihat barang-barang yang sudah tidak dipakai bertahun-tahun, buang atau berikan ke orang lain. Anda akan terkejut betapa lapangnya sekeliling Anda sekarang.

#3. Istirahat sejenak. Saya tidak perlu menjelaskan pentingnya istirahat saat Anda lelah. Istirahat adalah cara mudah mengecas energi yang hilang setelah beraktivitas seharian. Dengan begitu Anda akan merasa lebih segar dan fresh untuk melanjutkan aktivitas. Hidup ini bukan balapan tanpa henti. Balapan mobil atau motor saja ada berhentinya.

#4. Jangan sibukkan diri terhadap sesuatu yang tidak penting. Nah, ini yang sering dilakukan orang. Mereka capek karena MUNGKIN kebanyakan melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak penting. Coba Anda hitung-hitung berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk sesuatu yang tidak penting. Banyak sekali waktu yang bisa dihemat.

#5. Kurangi waktu online. Bukannya tidak boleh online. Tapi jangan sampai terlalu berlebihan. Jangan sampai kecanduan. Saya pernah melihat orang bermain game online sampai berjam-jam sampai bergadang. Apakah tidak ada kerjaan lain? Atau mungkin Anda suka chattting, facebookan, twitteran sampai 3 jam? Semakin banyak Anda menghabiskan waktu buat online (hidup di dunia maya), semakin amburadul dunia nyata Anda. Ada banyak hal yang mungkin wajib Anda lakukan. Tapi karena terlalu sibuk dengan dunia maya, pekerjaan Anda terbengkalai semua. Jadinya Anda pasti stres.

#6. Lakukan apa yang Anda senangi. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada melakukan apa yang sangat Anda senangi. Anda begitu bersemangat, ceria, senang, bahagia dan tidak merasa capek. Waktu terasa tidak membosankan dan cepat berlalu. Biasanya ini disebut refreshing. Setelah refreshing, Anda menjadi lebih segar dan fresh. Pikiran menjadi lebih ringan.


Cerita Inspiratif – Keledai Di Perbatasan

Focus-On-Your-Dreams

Motivasi hari ini..

Suatu ketika, seorang pemuda melewati perbatasan dengan seekor keledai dan tumpukan jerami di atasnya. Sebelum diperbolehkan melewati perbatasan, ia harus diperiksa oleh petugas perbatasan yang berjaga. Petugas tersebut curiga dengan pemuda itu karena ia terkenal suka menyelundupkan barang.
Petugas tersebut melihat ke tumpukan jerami. Ia yakin ada sesuatu di balik jerami tersebut. Lalu memeriksa jerami tersebut. Tak ada apa-apa di baliknya.

Ia masih tetap curiga. Tapi apa boleh buat. Ia tak ada bukti. Maka ia memperbolehkan pemuda itu melewati perbatasan, “Silakan lewat.”
 Hampir setiap hari pemuda tersebut melewati perbatasan dengan seekor keledai dan tumpukan jerami di atasnya. Tiap kali petugas memeriksa jerami, hasilnya tidak ditemukan apa pun.
Petugas tersebut bertanya, “Ayo, jujur. Apa yang kamu selundupkan?”
Pemuda tersebut menjawab dengan wajah polos, “Tidak ada, pak. Silakan bapak periksa selama yang bapak mau. Tidak ada apa pun yang kusembunyikan.”

Maka setiap hari, ia selalu melewati perbatasan dengan lancar setelah lolos pemeriksaan. Petugas perbatasan tersebut sebenarnya curiga dan tidak percaya dengan pemuda tersebut. Tapi sampai detik ini ia tidak berhasil menemukan apa pun.

Dan kejadian ini berlangsung selama bertahun-tahun. Setelah petugas itu pensiun, ia kebetulan bertemu dengan pemuda tersebut di kota. Setelah berbincang-bincang, mantan petugas tersebut penasaran dan bertanya pada pemuda itu, “Aku penasaran apa yang kamu selundupkan? Kamu tahu aku sudah pensiun dan tidak mungkin menangkapmu lagi.”
Dengan senyum, pemuda tersebut menjawab, “Aku menyelundupkan keledai, bukan jerami.”
Pembaca sekalian,

Cerita di atas mengajarkan kita bahwa fokus yang salah akan membawa kita ke arah yang salah. Apa yang Anda fokuskan, itulah yang Anda dapatkan. Petugas perbatasan tersebut selalu fokus ke jerami sehingga ia tidak menemukan kebenaran sesungguhnya. Ia tidak fokus ke keledai, sehingga tidak pernah tahu akar masalah sesungguhnya.

Jika Anda fokus ke belakang, Anda takkan pernah bisa melihat ke depan. Simpel tapi kadang sulit dilakukan. Itu pula yang sering terjadi pada orang yang gagal. Mereka ingin sukses. Mereka punya tekad yang kuat untuk berhasil. Tapi mereka selalu fokus pada rintangan, halangan dan masalah. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu fokus pada kegagalan. Ini ditandai dengan mereka yang selalu mencari alasan mengapa terus gagal. Mereka lebih mempermasalahkan kegagalan daripada fokus pada kesuksesan dan mencari jalannya.

Pikiran kita tidak pernah bisa fokus pada dua hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Pikiran hanya bisa berpindah dari satu pikiran ke pikiran lain. Cobalah lihat uang koin. Koin ada dua sisi, yaitu sisi angka dan sisi gambar.

Saat Anda fokus ke sisi angka, Anda takkan bisa melihat sisi gambar. Begitu pula sebaliknya. Itulah cara kerja fokus. Apa yang Anda fokuskan, itulah yang akan Anda lihat dan dapatkan. What you focus, expand.
Jika Anda ingin sukses, fokuskan pikiran ke jalan yang benar, ke jalan menuju sukses. Jangan fokus pada betapa sulitnya proses untuk sukses, betapa beratnya rintangan, betapa ketatnya persaingan dan betapa-betapa lainnya. Fokus seperti itu akan membuat Anda patah semangat. Orang sukses selalu fokus pada kesuksesan. Mereka fokus pada impian dan pengalaman yang akan didapatkan saat sukses nanti.

Jika ingin bahagia, fokuskan diri Anda pada hal-hal yang mendatangkan kebahagiaan. Jangan fokuskan pikiran pada betapa banyak dan beratnya masalah yang terjadi. Fokuslah ke arah yang benar, maka Anda akan menuju tempat yang benar. Kalau Anda terus fokus ke arah barat, Anda takkan bisa melihat matahari terbit.

Rumus Matematika Itu Bukan Hafalan

Rumus matematika itu sangat banyak, tidak mungkin bisa kita hafal semua. Yang paling penting dalam mengerjakan soal olimpiade matematika adalah dengan memahami konsep, bukan menghafal rumus, sekalipun anda jago dalam menghafal.


 
Ada dua tipe soal matematika, yaitu soal rutin dan soal nonrutin. Soal rutin merupakan soal-soal matematika yang biasa diajarkan di sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Pada jenis soal ini, anda cukup menggunakan rumus matematika yang telah anda pelajari, dan soal tersebut bisa anda selesaikan dengan mudah. Berbeda dengan soal rutin, pada soal rutin anda tidak akan bisa mengerjakan soal dengan cara sederhana. Dibutuhkan kreativitas dan logika berpikir yang baik agar anda dapat mengerjakannya. Alasannya, anda tidak akan tahu rumus matematika yang mana yang akan digunakan untuk mengerjakan soal tersebut, atau anda tidak menyangka bahwa suatu konsep dasar matematika bisa digunakan untuk mengerjakan soalnya. Disinilah menghafal rumus matematika itu tidak begitu membantu.

Perhatikan contoh berikut:

Diketahui persamaan kuadrat 6x2–19x+15=0 mempunyai akar-akar p dan q. Tentukanlah nilai dari a2+b2.

Bagi siswa SMA, soal ini sangat mudah, dapat dikerjakan dengan beberapa cara. Pertama, dengan mencari nilai p dan q terlebih dahulu, lalu mencari nilai dari p2+q2. Dengan memfaktorkan persamaan tersebut, didapat: (2x–3)(3x–5)=0. Sehingga nilai p=32 dan nilai q=53. Maka nilai p2+q2=(32)2+(53)2=18136
Cara kedua adalah dengan menggunakan teorema vieta untuk persamaan kuadrat (di Matematika SMA ini disebut dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar). Pada persamaan kuadrat tersebut, p+q=196 dan pq=156. Dengan memperhatikan bahwa p2+q2=(p+q)2–2pq, maka didapat p2+q2=(196)2–2.156=18136
Sekarang perhatikan contoh berikut ini:

Persamaan kuadrat x2–x+1=0 mempunyai akar-akar a dan b. Tentukanlah nilai dari a8+b8
Coba anda kerjakan soal tersebut sebelum membaca lebih lanjut!

Apakah anda bisa mengerjakannya? Jelas anda tidak bisa memfaktorkan persamaan kuadrat tersebut untuk mendapatkan nilai dari a dan b. Anda juga tidak bisa menggunakan rumus abc, karena akar-akar persamaan tersebut tidak real, terlihat dari diskriminannya yang negatif. Bagaimana dengan menggunakan teorema vieta? Ya, anda bisa menggunakannya, tetapi akan jauh lebih sulit, dimana anda harus menguraikan a8+b8 menjadi bentuk (a+b) dan ab
Cara mengerjakannya adalah dengan memahami konsep akar-akar persamaan kuadrat.

Jika persamaan kuadrat ax2+bx+c=0 mempunyai akar-akar p dan q, itu artinya jika kita mengganti nilai x dengan p atau q, maka hasilnya menjadi 0.

Dengan menggunakan konsep ini pada soal di atas, kita mendapatkan: a2–a+1=0. Selanjutnya: a2=a–1 a4=(a–1)2=a2–2a+1=a–1–2a+1=−a a8=(−a)2=a2.

Dengan cara yang sama didapat: b8=b2
Dengan demikian, kita dapat:

a8+b8=a2+b2=(a+b)2–2ab=12–2.1=−1
Jadi, rumus matematika itu jangan hanya dihafal, tetapi harus memahami konsepnya, terlebih jika anda ingin mengikuti lomba/olimpiade matematika.

Sumber: mhs.blog.ui.ac.id

Download Microsoft .NET Framework 4.5.2 (Offline Installer)

Microsoft .NET Framework 4.5.2 (Offline Installer) untuk Windows Vista SP2, Windows 7 SP1, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2008 SP2, Windows Server 2008 R2 SP1, Windows Server 2012 and Windows Server 2012 R2 


Silahkan Download Microsoft .NET Framework 4.5.2 (Offline Installer) dibawah ini.




Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Ada dua cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yaitu cara Inggris dan cara Amerika. Kedua cara menulis tanggal dalam Bahasa Inggris ini memiliki format tanggal dalam Bahasa Inggris yang tidak terlalu berbeda. Contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang ada di bawah ini juga bisa diterapkan dalam tata cara penulisan tanggal lahir dalam Bahasa Inggris. Berikut ini petunjuk atau contoh penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang benar dengan format tanggal dalam Bahasa Inggris Amerika dan Inggris:


Pilih Mana, Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Cara Amerika (US) atau Cara Inggris (UK)?

Sebenarnya, pemilihan atau penentuan cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris Amerika atau Inggris ditentukan oleh ditujukan kepada siapa kita menulis surat tersebut. Misalnya jika kita ingin mengajukan proposal beasiswa kepada pemerintah yang berada di Eropa atau Inggris maka kita akan menggunakan cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris model Inggris. Atau sebaliknya, jika kita ingin menulis surat ke Amerika maka kita akan menggunakan cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris model Amerika.

Sederhana bukan cara menulis tanggal dalam Bahasa Inggris.


Sumber gambar & forum.kompas.com

Gejala Pemanasan Global

 
 
 
Ada yang bilang pemanasan global itu hanya khayalan para pecinta lingkungan. Ada yang bilang itu sudah takdir. Ilmuwan juga masih pro dan kontra soal itu. Yang pasti, fenomena alam itu bisa dirasakan dalam 10 kejadian berikut ini. Dan yang pasti ini bukan imajinasi belaka, sebab kita sudah mengalaminya.

* Kebakaran hutan besar-besaran Bukan hanya di Indonesia, sejumlah hutan di Amerika Serikat juga ikut terbakar ludes. Dalam beberapa dekade ini, kebakaran hutan meluluhlantakan lebih banyak area dalam tempo yang lebih lama juga. Ilmuwan mengaitkan kebakaran yang merajalela ini dengan temperatur yang kian panas dan salju yang meleleh lebih cepat. Musim semi datang lebih awal sehingga salju meleleh lebih awal juga. Area hutan lebih kering dari biasanya dan lebih mudah terbakar.

* Situs purbakala cepat rusak
Akibat alam yang tak bersahabat, sejumlah kuil, situs bersejarah, candi dan artefak lain lebih cepat rusak dibandingkan beberapa waktu silam. banjir, suhu yang ekstrim dan pasang laut menyebabkan itu semua. Situs bersejarah berusia 600 tahun di Thailand, Sukhotai, sudah rusak akibat banjir besar belum lama ini.

* Ketinggian gunung berkurang
Tanpa disadari banyak orang, pegunungan Alpen mengalami penyusutan ketinggian. Ini diakibatkan melelehnya es di puncaknya. Selama ratusan tahun, bobot lapisan es telah mendorong permukaan bumi akibat tekanannya. Saat lapisan es meleleh, bobot ini terangkat dan permukaan perlahan terangkat kembali.

* Satelit bergerak lebih cepat
Emisi karbon dioksida membuat planet lebih cepat panas, bahkan berimbas ke ruang angkasa. Udara di bagian terluat atmosfer sangat tipis, tapi dengan jumah karbondioksida yang bertambah, maka molekul di atmosfer bagian atas menyatu lebih lambat dan cenderung memancarkan energi, dan mendinginkan udara sekitarnya. Makin banyak karbondioksida di atas sana, maka atmosfer menciptakan lebih banyak dorongan, dan satelit bergerak lebih cepat.

* Hanya yang Terkuat yang Bertahan
Akibat musim yang kian tak menentu, maka hanya mahluk hidup yang kuatlah yang bisa bertahan hidup. Misalnya, tanaman berbunga lebih cepat tahun ini, maka migrasi sejumlah hewan lebih cepat terjadi. Mereka yang bergerak lambat akan kehilangan makanan, sementar mereka yang lebih tangkas, bisa bertahan hidup. Hal serupa berlaku bagi semua mahluk hidup termasuk manusia.

* Pelelehan Besar-besaran
Bukan hanya temperatur planet yang memicu pelelehan gunung es, tapi juga semua lapisan tanah yang selama ini membeku. Pelelehan ini memicu dasar tanah mengkerut tak menentu sehingga menimbulkan lubang-lubang dan merusak struktur seperti jalur kereta api, jalan raya, dan rumah-rumah. Imbas dari ketidakstabilan ini pada dataran tinggi seperti pegunungan bahkan bisa menyebabkan keruntuhan batuan.

* Keganjilan di Daerah Kutub
Hilangnya 125 danau di Kutub Utara beberapa dekade silam memunculkan ide bahwa pemanasan global terjadi lebih “heboh” di daerah kutub. Riset di sekitar sumber airyang hilang tersebut memperlihatkan kemungkinan mencairnya bagian beku dasar bumi.

* Mekarnya Tumbuhan di Kutub Utara
Saat pelelehan Kutub Utara memicu problem pada tanaman danhewan di dataran yang lebih rendah, tercipta pula situasi yang sama dengan saatmatahari terbenam pada biota Kutub Utara. Tanaman di situ yang dulu terperangkap dalam es kini tidak lagi dan mulai tumbuh. Ilmuwan menemukan terjadinya peningkatan pembentukan fotosintesis di sejumlah tanah sekitar dibanding dengan tanah di era purba.

* Habitat Makhluk Hidup Pindah ke Dataran Lebih Tinggi
Sejak awal dekade 1900-an, manusia harus mendaki lebih tinggi demi menemukan tupai, berang-berang atau tikus hutan. Ilmuwan menemukan bahwa hewan-hewan ini telah pindah ke dataran lebih tinggi akibat pemanasan global. Perpindahan habitat ini mengancam habitat beruang kutub juga, sebab es tempat dimana mereka tinggal juga mencair.

* Peningkatan Kasus Alergi
Sering mengalami serangan bersin-bersin dan gatal di mata saat musim semi, maka salahkanlah pemanasan global. Beberapa dekade terakhir kasus alergi dan asma di kalangan orang Amerika alami peningkatan. Pola hidup dan polusi dianggap pemicunya. Studi para ilmuwan memperlihatkan bahwa tingginya level karbondioksida dan temperatur belakangan inilah pemicunya. Kondisi tersebut juga membuat tanaman mekar lebih awal dan memproduksi lebih banyak serbuk sar.
 
Sumber: forum.kompas.com
Id: BilBil