Apakah Akuntansi itu .….
Apakah produk akhir dari akuntansi.... apakah neraca... apakah laporan rugi/laba........ apakah akun/perkiraan/rekening...... apakah transaksi... apakah jurnal... apakah buku besar... apakah posting...apakah worksheet...
Itu adalah pertanyaan dasar yang harus dimengerti untuk memahami dasar akuntansi keuangan.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, perhatikan penjelasan dari format berikut ini
NERACA CV ADAM COMPUTER PER 31-12-2010
AKTIVA | PASSIVA |
ASET LANCAR 1.Kas 78.500 2.Persediaan 5.000 3. Biaya dibyr Dimuka 2.500 Sub Jumlah 86.000 ASET TETAP 4.Peralatan 25.000 5.Akmlsi Penyusutan (1.250) Sub Jumlah 23.750 | HUTANG 6.Hutang Usaha 0 7.Hutang Bank 50.000 8.Hutang Bunga 3.000 Sub Jumlah 53.000 MODAL 5.Modal Disetor 50.000 6.Laba Ditahan 6.750 Sub Jumlah 56.750 |
JUMLAH 109.750 | JUMLAH 109.750 |
Penjelasan : Perhatikan baik2 Neraca Tersebut.
- Hasil akhir dari suatu proses akuntansi adalah Neraca dan Laporan Rugi Laba.
Contoh bentuk Neraca tampak seperti format yang disajikan diatas
sedangkan Bentuk Laporan Rugi Laba tampak seperti format yang disajikan
berikut dibawah ini.
- Neraca adalah posisi KEKAYAN, HUTANG dan MODAL suatu Perusahan
- Kekayaan
perusahaan dalam akuntansi disebut AKTIVA, sedangkan Hutang dan Modal
Perusahaan disebut PASSIVA atau bisa juga dikatakan bahwa unsur PASSIVA
Perusahaan adalah HUTANG dan MODAL Perusahaan.
- Unsur2
kekayaan Perusahaan dalam contoh diatas terdiri atas ; KAS, PERSEDIAN,
BIAYA DIBAYAR DIMUKA dan PERALATAN. Unsur2 hutang perusahaan tediri atas
HUTANG BANK dan HUTANG BUNGA. Unsur Modal terdiri atas MODAL DISETOR
dan MODAL DITAHAN.
- KAS,
PERSEDIAAN, BIAYA DIBAYAR DIMUKA, PERALATAN, HUTANG dan MODAL yang
merupakan unsur Neraca/Laporan Keuangan, dalam akuntansi disebut
sebagai REKENING atau PERKIRAAN atau AKUN (istilah AKUN berasal dari bahasa inggris ACCOUNT)
- Aturan
bagaimana cara membukukan, menilai, mengklasifikasikan dan perlakuan
lainya terhadap REKENING atau PERKIRAAN atau AKUN , diatur dalan
STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan
Indonesia (IAI)
- Pencatatan
atas mutasi dan saldo REKENING atau PERKIRAAN atau AKUN dlakukan
dengan menggunakan suatu format tertentu yang sudah baku dalam ilmu
akuntansi, yaitu yg disebut sebagai BUKU BESAR. Kalau kita mendengar Saldo Buku Besar Kas itu berarti Saldo Rekening KAS.
- Mutasi dalam BUKU BESAR Rekening tadi bersumber dari CATATAN HARIAN TRANSAKSI KEUANGAN suatu perusahaan yang JURNAL.
- Dari format neraca diatas maka dapat dengan mudah difahami persamaan akuntansinya, yakni seperti pada ponit 10 dan 11 berikut :
- AKTIVA = PASSIVA atau
- AKTIVA = HUTANG + MODAL
- Contoh Format Laporan Rugi Laba suatu perusahaan sbb;
LAPORAN RUGI LABA CV ADAM COMPUTER PERIODE 1 JAN SD 31 DES 2010
A. PENDAPATAN | |
Pendapatan Jasa Servis | 20.000 |
Sub Jumlah | 20.000 |
B. BIAYA | |
Biaya Sewa Gedung Biaya Servis Biaya Gaji Biaya Bunga Biaya Penyusutan | 2.500 5.000 1.500 3.000 1.250 |
Sub Jumlah | 13.250 |
C. Laba / (Rugi) = A-B | 6.750 |
- Laporan Rugi Laba adalah perhitungan tentang laba yang diperoleh dan atau rugi yang diderita oleh suatu perusahaan pada suatu periode waktu tertentu.
- Unsur
Laporan Rugi Laba adalah PENDAPATAN dan BIAYA. Pendapatan dan biaya
adalah PERKIRAAN atau REKENING atau AKUN dalam Laporan Rugi Laba yang
cara menilai, membukukan dan perlakuan lainnya diatur dalam SAK
- Laba/Rugi = Pendapatan - Biaya
- Laba
perusahaan menambah Saldo Rekening Laba Ditahan pada Neraca, sedangkan
Rugi Perusahaan mengurangi Saldo Rekening Laba Ditahan pada Neraca
Pada pelajaran dasar akuntansi/principal accounting, materi yang akandipelajari adalah :
- bagaimana mencatat transaksi kedalam jurnal ( catatan menurut kaidah akuntansi )
- bagalmana memindahkan catatan dalam jurnal kedalam Buku Besar (Format menurut kaidah akuntansi yang berisi catatan saldo dan mutasi transaksi perkiraan/rekening / akun )
- membuat laporan keuangan yang terdiri dari Neraca dan Daftar Rugi Laba dengan bantuan lembar kerja yang disebut work sheet atau neraca lajur
Pada pelajaran intermediate accounting/ akuntani lanjutan I
yang dipelajari adalah bagaimana perlakuan masing2
perkiraan/rekening/akun atau bagaimana perlakuan masing2 unsur laporan
keuangan tersebut. Perlakuan tsb antara lain meliputi bagaimana cara
menilainya di dalam neraca/rugi laba, bagaimana cara membukukannya,
bagaimana mengklasifikasikannya, bagaimana cara meghitungnya dll cara
memperlakukannya.
Pada pelajaran dasar akuntansi/principal accounting dan intermediate accounting/ akuntani lanjutan I
yang dipelajari adalah yang terjadi pada perusahaan tunggal , bukan
pada perusahaan yang mempunyai anak/cabang perusahaan atau perusahaan
gabungan.
Pada pelajaran advance accounting / akuntansi lanjutan II yang
dpelajari adalah laporan keuangan pada perusahaan yang mempunyai anak
perusahaan atau cabang perusahaan atau beberapa perusahaan yang
bergabung (merger). Materi yang dipelajari antara lain meliputi
bagaimana membukukan transaksi yg terjadi antara anak perusahaan dengan
induk perusahaannya bagaimana menggabungkan laporan keuangan anak
perusahaan dengan induk perusahaannya
Untuk
dapat mempelajari akuntansi intermediate dan advance accounting maka
terlebih dahulu harus memahami principal accounting adat akuntansi
dasarnya. Untuk itu silakan baca rincian penjelasan akuntansi dasar
halaman2 berikutnya………