Tuesday, December 9, 2014

Budaya Bahari Jadi Tema dalam The Jakarta International Photo Summit (JIPS) 2014

 

Jakarta, Kemendikbud — The Jakarta International Photo Summit (JIPS) yang digelar Galeri Nasional Indonesia merupakan ajang pameran foto tiga tahunan. Sebelumnya Galeri Nasional telah menggelar JIPS 2007: City of Hope dan JIPS 2010: City of Interaction. Pada tahun ini, JIPS kembali digelar dengan tema City of Waves.
Dengan tema itu, para kurator pameran berusaha memosisikan tema maritim sebagai cara untuk melihat keragaman budaya bahari dalam masyarakat serta untuk melihat tradisi maritim universal. Misalnya rumah betang-rumah damai, tempat pertemuan ide dan komitmen yang beragam untuk masa depan yang lebih baik dan bijaksana dari samudera.
Selain itu, tema City of Waves juga memberi keyakinan diri sebagai masyarakat bahari (kepulauan) yang sesungguhnya tidak pernah lepas dari kebaharian dalam menjalani kehidupan keseharian. Bahari itu sendiripun telah memengaruhi kehidupan dalam banyak hal, baik yang mendatangkan kehidupan ataupun malapetaka. Karena itu pula dalam pameran foto ini akan disajikan karya-karya fotografi yang menguak keindahan bahari dan bencana yang ditimbulkan dari murka bahari itu.
Dengan digelarnya JIPS 2014 diharapkan para insan fotografer dan pencapaian artistiknya mampu membuat dokumentasi sekaligus menunjukkan kepedulian yang kuat untuk menguak sejarah khususnya mengenai budaya bahari melalui visual karya-karya fotografi. Pada sisi lain, bagi pecinta fotografi dan masyarakat umum sebagai generasi baru akan dapat menyadari jati dirinya untuk bersama-sama mendayagunakan dan memelihara semesta, khususnya bahari secara lebih bijak di masa depan demi kemakmuran bangsa. (Desliana Maulipaksi)
Sumber: www.kemdiknas.go.id