Saturday, November 12, 2016

Tugas Makalah Kelas 1 SMP Tarian Tradisional

3.JAWA BARAT

SMPN 2 Binong, makalah, smp, kelas 1, Kesenian,
tugas makalah kelas 2 smp tarian tradisional

 Tugas Makalah Kelas 1 SMP Tarian Tradisional

  A.TARI JAIPONG
          Tari jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung jawa barat.Menurut catatan sejarah kebudayaan indonesia tarian ini diciptakan oleh seorang seniman yang berdarah sunda yaitu gugum gumbira.
           Pada awalnya tarian ini menjadi sebuah tarian unik dan menarik dengan alat musik pengiring Degung.Keunikan  tari ini dapat kita lihat dalam seluruh gerakan tarian yang ceria,energik,dan humoris.
           Jaipongan merupakan tarian dengan mengkolaborasikan berbagai macam gerakan seperti gerakan tari ketuk tilu,tari ronggeng,dan juga beberapa gerakan pencak silat yang juga sangat dinikmati oleh masyarakat setempat.
            Sejarahtari jaipong beraawal pada tahun 1976, ketika Hj.suanda berinovasi dengan menggabungkan keterampilan khususnya dalam dunia seni pertunjukan yang beliau kuasai menjaadi satu pertunjukan yang unik.Namun  pada waktu itu belum disebut dengan tari jaipong.Musik pengiring dalam pertunjukan,diambil dari berbagai  macam musik tradisional seperti gendang,gong,alat musik ketuk,dan lain sebagainya.Adapun penyanyi nya yaitu seorang perempuan yang disebut dengan nama sinden
  
B.TARI TOPENG
              Tari topeng adalah tarian yang penarinya mengenakan topeng,secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur .Pada beberapa suku,topeng menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.Tari topeng dapat merujuk pada beberapa macam kesenian tari topeng.yaitu tari topeng dari dayak didaerah pulau kalimantan suku dayak menggunakan topeng dalam tari hudog yang sering dimainkan didalam upacara keagamaan dari kelompok suku dayak bahaw dan madang.
                Keberadaan topeng bali dalam masyarakat bali berkaitan erat dengan upacara keagamaan hindu karena kesenian luluh dalam agama masyarakat.Tari topeng bali adalah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis,umumnya yang ditampilkan ditengah masyarakat adalah seni yang disakralkan.
    




-JAWA TENGAH

       A.TARI SERIMPI
                 Tari serimpi merupakan sebuah tarian klasik dari Yogyakarta.Tarian ini ditampilkan oleh empat orang penari wanita yang cantik dan anggun.Kata serimpi itu sendiri berarti empat.Namun ada juga serimpi yang ditari kan oleh lima orang penari,yaitu pada serimpi renggowati.Pertunjukan tarian serimpi biasanya berlangsung selama 3 per 4jam sampai 1 jam.Komposisi empat penari mewakili empat mata angin dan empat unsur dunia.unsur dunia meliputi grama(api),angin(udara),toya(air),dan bumi(tanah).
                  Tari ini awalnya hanya berkembang di kraton Yogyakarta,menurut kepercayaan serimpi adalah seni yang luhur dan merupakan pusaka kraton.Tema dalam tarian ini,yang disuguhkan oleh penari sebenarnya sama dengan tari Bedhaya Sanga.Tarian ini menggambarkan pertentangan antara dua hal yaitu antara benar dan salah,nafsu dan akal,dan benar dan salah.
                   tari ini dilakukan oleh empat putri,selain itu penari ini juga mempunyai nama perannya masing-masing yakni Buncit,Dhada,Gulu,dan Batak.Saat menari posisi penari berbentuk segi empat.Bentuk ini melambangkan tiang pendopo yang berbentuk segi empat.
            Kemunculan tarian ini konon berasal dari masa kerajaan mataram ketika masa pemerintahan Sultan agung.  
B.TARI GAMBYONG
             Tari Gambyong merupakan salah satu dari bentuk tari tradisional jawa,khusus nya jawa tengah.Tari Gambyong merupakan hasil dari perpaduan tari rakyat dan tari keraton.Asal mula tari “gambyong” awalnya merupakan nama dari seorang waranggana atau wanita yang terpilih(wanita penghibur).Nama lenkap warangganatersebut ialah Mas Ajeng Gambyong.Awal mula tari gambyongini hanya sebagaibagian tari tayub atau dapat disebut taledhek. Istilah taledhek ini digunakan juga sebagai penyebut penari taledhek.
             Sejarah tari gambyong yang bisa diartikan sebagai tarian yang bersifat tunggal yang dapat dilakukan oleh wanita atau penari yang memang dipertunjukan sebagai permulaan daripenampilan tari atau biasa disebut pesta tari.Gambyong mempunyai arti golekanatau boneka yang terbuat dari kayu dan menggambarkan wanita yang menari dalam pertunjukan suatu wayang kulit saat penutupan.
      
      


-JAWA TIMUR

A.TARI REMO
              Tari remo adalah salah satu tarian untuk penyambutan tamu agung,yang di tampilkan baik satu maupun penari banyak.Tarian ini berasal dari provinsi jawa timur.
              Tarian ini berasal dari kecamatan Diwek di desa Ceweng,tarian ini diciptakan oleh waga berprofesi sebagai pengamen tari dikala itu.
              Kini tarian ini pada awalnya merupakan tarian yang digunakan sebagai pengantar pertunjukan ludruk.Tarian ini  menceritakan tentang perjuangan seorang pangeran dalam medan laga.Tetapi dalam perkembangan nya tarian ini menjadi lebih sering ditarikan oleh perempuan,sehingga memunculkan tarian yang lain:Remo putri atau Tari Remo gaya perempuan.
     B.TARI REOG
                 Tari reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari jawa timur bagian barat-laut ponogoro dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya.Reog adalah salah satu budaya daerah di indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
                  Asal-usul Reog adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu,seorangabdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi,raja majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15.ki Ageng Kutu murka akan pengaruh kuat dari pihak istri raja majapahit yang berasal dari tiongkok.
                Dalam pertunjukan reog,menampilkan topeng yang berbentuk singa yang dikenal sebagai nama “singa barong”,yang artinya raja hutan.

5.PROVINSI JOGJAKARTA

       A.TARI GOLEK MENAK
                 Tari golek menak adalah  tarian klasik yang terinspirasi ole gerakan dari wayang golek menak.Tarian ini merupakan salah satu tarian klasik tradisional dari yogyakarta yang memiliki nilai seni tinggi.tari golek menak ini diciptakan oleh sri sultan Hameng Kubowono IX karena kecintaan karna kekagumamnya terhadap wayang golek menak.
              
                Dinamakan tari golek menak karna tarian ini terinspirasi oleh pertunjukan wayang golek menak.sesuai dengan namanya tersebut,gerakan,alur cerita,tata busana dan tokoh pada tari golek menak dalam tari golek menak ini.seingga tarian ini dapat dikatakan salah satu tarian yang memiliki nilai seni yang tinggi.
        
B.TARI ANGGUK

             Tari angguk adalah tari tradisional yang berasal dari kulon progo,Jogjakarta.tari ini menceritakan kisah tentang umarmoyo-umarmadi   yang di mainkan secara berkelompok oleh 15 penari wanita yang berkostum menyerupai serdadu belanda dan dihiasi gombyok barang emas ,sampang,sampur,topi pet warna hitam ,dn kaos kaki warna merah dan kuning,dan mengenakan kaca mata hitam tarian ini biasanya dimainkan selama 3 hingga 7 jam .pada mulanya tari angguk adalah permainan atau hiburan yang biasa diaminkan oleh muda-mudi. Namun perkembangannya tari angguk mulai disisipin hla-hal mistis .konon, tari angguk juga dianggap bisa mengandung roh halus  untuk ikut bermain dengan mengguanakan tubuh sang penari.
x
OOleh Sevia Oktavia SMPN 2 Binong